Selasa, Februari 16, 2010

PKB Sudah Pasti Kawinkan Saiful-Sutjipto

Posted on 00.52 by Tribun Online


oleh Prima Sp Vardhana

Sidoarjo, TRIBUN – Keputusan DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam memilih pasangan yang dijagokan dalam Pemilihan Kepala Daerah (PKB) Sidoarjo 2010, sudah terpastikan mengarah pada duet H. Syaiful Ilah sebagai Calon Bupati (Cabup) dan H. MG Hadi Sutjipto sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup). Kedua ”mempelai” itu sudah pasti disandingkan, setelah mereka bersama H.Abdulah Khoiri (Sekretaris PKB Sidoarjo) dinyatakan lolos dari penjaringan, yang diselenggarakan PKB Sidoarjo akhir Januari lalu.

Selain itu, arah pemilihan DPP dalam mendukung pasangan yang dijagokan dalam Pilkada Sidoarjo itu, ternyata sudah diungkapkan oleh Ketua Desk Pilkada Sidoarjo 2010, Imam Rahmat secara sekilas. ”Walau belum menerima pemberitahuan dari pusat kami sudah melihat arah dukungan DPP yang mengerucut untuk memasangkan Pak Syaiful dan Pak Tjip,” kata Imam saat dihubungi ponselnya, Senin (15/02).

Dasar prediksi Imam dan para koleganya di PKB Sidoarjo yang yakin akan keputusan DPP dalam ”mengawinkan” Syaiful Ilah dan Hadi Sutjpto, di atas kertas sangatlah memungkinkan. Pasalnya calon yang lolos dalam penjaringan Cabup dan Cawabup yang diselenggarakan PKB Sidoarjo, hanya meloloskan satu Cabup yaitu H. Syaiful Ilah dan dua Cawabup yaitu Hadi Sutjipto dan Abdullah Khoiri.

Secara performance dan kualitas, Syaiful Ilah dipastikan langsung menerima dukungan. Pasalnya sebelum mendaftarkan diri ke Desk Pilkada PKB, Wakil Bupati Sidoarjo ini sudah mendapatkan dukungan dari Ketua DPW PKB Jatim, Imam Nahrowi. Juga disusul dukungan politik yang ditunjukkan oleh Ketua DPP PKB, H. Muhaimin Iskandar yang datang dan bertemu Syaiful Ilah di Sidoarjo.

Sedangkan dalam porsi pemilihan Cawabup yang pantas mendampingi Syaiful Ilah, di atas kertas DPP lebih memilih Pak Tjip (panggilan akrab Hadi Sutjipto, red.) dibanding Khoiri. Salah satu pertibanganya adalah potensi Pak Tjip dalam menjaring dukungan suara masyarakat Sidoarjo. Dalam porsi ini Pak Tjip bukanlah tandingan seorang Khoiri. Bagaimana tidak. Di tingkat PNS, Pak Tjip sangat populer. Selain ramah terhadap para bawahannya, pria ramah ini memiliki empati yang tinggi.

Dalam mengail dukungan di luar PNS, Pak Tjip memiliki potensi people power yang cukup meyakinkan. Ini karena aktifitas Asisten I Sedakab Sidoarjo Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam berorganisasi massa. Menjadi Ketua Takmir Masjid Agung, Sidoarjo, di atas kertas telah membuatnya akrab dengan para Kyai dan Ulama di Sidoarj, Jawa Timur, dan Nasional.

Kendati demikian, menurut Imam, PKB belum ada rencana mendeklarasikan pasangan SAPTO (Saiful-Sutjipto) dalam waktu dekat. Ini karena PKB Sidoarjo belum menerima intruksi dari DPP. Sedangkan informasi lisan dari salah satu pengurus DPP, kemungkinan besar dideklarasi pasangan SAPTO sebagai cabup-cawabup dari PKB untuk berlagai di ajang Pilbup Sidoarjo 2010 akan dilakukan pada bulan April 2010.

“Memang, waktu pasti pendeklarasian belum ditetakan DPP secara tertulis. Namun pemberitahan secara lisan, bahwa deklaras akan diselenggarakan pada April nanti sudah lebih dari cukup. Pemberitahuan lisan itu sudah cukup sebagai bahan persiapan kami menggelar deklarasi,” ujarnya. (vd)

No Response to "PKB Sudah Pasti Kawinkan Saiful-Sutjipto"

Leave A Reply